Wow, Presiden Didorong Kembali Hidupkan Dewan Strategis Antariksa

ilustrasi


KONVENSI CAPRES PBB -- Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad), Atip Latipulhayat mendorong pemerintah mendirikan lembaga dewan pengarah strategis keantariksaan Indonesia di dalam lingkup Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dewan ini nantinya diketuai oleh presiden.

"Untuk perbandingan ya, kan ada BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), itu dewan pengarah. Mungkin nanti presiden bisa membuat semacem majelis syuro'nya, suat dewan pengarah agar pengembangan keantariksaan kita lebih kuat," ungkap Atip ketika memberi pernyataan pers Seminar Nasional Kebijakan Antariksa LAPAN di Unpad, Dipati Ukur, Bandung, Selasa (13/8).

Atip dan rekan-rekan peneliti kebijakan antariksa mengaku sangat merindukan Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional RI (Depanri). Dengan Depanri kebijakan keantariksaan lebih tepat sasaran dan jangkauan kemanfaatannya yang lebih luas.

Pengembangan keantariksaan, sambung dia, sesuai dengan misi Presiden Jokowi. Yaitu pembangunan infrastruktur, contohnya dengan mendirikan bandar antariksa yang mumpuni.

"Mungkin saat ini masukan ke Presiden belum optimal. Saya pribadi menginginkan nantinya Presiden bisa menjadi ketua dewan pengarah pengembangan teknologi sekaligus kebijakan antariksa Indonesia," tutupnya. (sumber)

Posting Komentar

0 Komentar